Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
 

Sabtu, 16 Juni 2012

8 langkah jitu menguasai matematika


http://creativesmilekids.com/wp-content/uploads/2011/08/Math_Symbol_Clipart-300x249.jpgMatematika adalah pelajaran yang mengerikan bagi sebagian orang. Banyak orang menganggap matematika adalah pelajaran yang susah dimengerti, susah di ingat dan susah dipelajari serta susah-susah yang lain.


Namun pernyataan itu akan salah bila Anda mengetahui tips berikut
1.        Timbulkan rasa tertarik dahulu dengan matematika, hilangkan pikiran (mindset) yang mengatakan bahwa matematika itu sulit. Yakinkan diri Anda cerdas.
2.        Setelah Anda tertarik, berarti mindset Anda sudah berubah, menjadi ingin tahu, ingin belajar, ingin bisa dan ingin yang lain. Dengarkan materi yang disampaikan oleh guru Anda dengan baik.


3.        Tangkap setiap makna yang dikatakan guru Anda, kalau Anda belum mengerti atau belum memahami dari materi yang disampaikan. Maka tugas Anda adalah bertanya pada guru Anda. Kejar sampai Anda benar-benar paham.
4.        Biasanya, kalau pelajaran Matematika. Akan ada latihan soal yang disampaikan kepada para murid, untuk dikerjakan siswa. Kerjakan latihan tersebut sampai Anda merasa bisa. Kalau masih ada yang kurang jelas, segera tanyakan pada guru Anda.
5.        Biasanya lagi, pasti Anda akan diberikan pekerjaan rumah (PR). Pastikan Anda juga membuatnya. Pekerjaan Rumah tersebut biasanya digunakan untuk mengecek, sampai sejauh mana kemampuan siswa dalam menyerap pelajaran di sekolah. Maka Anda wajib mengerjakannya sendiri (tidak mencontek teman)
6.        Carilah lagi soal-soal lain dengan materi yang masih sama dengan yang diajarkan di sekolah. Bila perlu cari materi yang lebih sulit dengan variasi soal yang lain. Kerjakan! Bila Anda mengalami kesulitan, tanya pada guru Anda di sekolah.
7.        Kalau memang perlu, cari guru les yang berkualitas. Tanya soal yang menurut Anda kurang jelas, dan mintalah soal padanya. Biasanya guru les yang berkualitas, memiliki berbagai macam variasi soal dari yang mudah sampai yang sulit dipecahkan. Minta soal yang Anda inginkan.
8.        Menunda materi yang Anda belum pahami, menyebabkan Anda merasa malas untuk mempelajari yang selanjutnya. Segera kembali ke point 1.
Segera ubah mindset Anda, lalu terapkan ke 8 jurus diatas.
Katakan pada diri Anda “Saya pasti bisa” karena “Matematika itu mudah”. Ulang berkali-kali, agar kalimat tersebut terpatri di dalam otak Anda. Saya percaya Anda PASTI BISA.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Anda semoga bisa bermanfaat bagi saya